Si Cantik Dadar Gulung


 

Kuliner yang satu ini termasuk jajanan tradisional yang tak lekang waktu. Banyak kita temui dipasar sihh sebetulnya, bahkan mlijo – mlijo dipagi hari banyak yang memjual kue tradisional ini dengan harga 1000 rupiah. Namun tak sedikit peminat dari kue dadar ini ya guys, selalu laris manis. Menurut aku sih kuliner ini tergolong unik sebetulnya ditilik dari proses pembuatannya yang memerlukan tehnik khusus, coba saja kalo kita amati kulit yang dihasilkan dari dadar gulung ini pasti berlobang – lobang membentuk motif andaikata dibuat mulus pasti kelihatan tidak cantik jadi aneh alias bantat bisa dikatakan kue ini gagal produk atau si pembuat  tidak menguasai tehnik pembuatannya.

Ada banyak resep yang bisa dicoba tinggal cari digoogle atau buka dicookpad sudah bisa buat. Tapi tentu saja bagi pemula banyak resep yang tersaji akan membuat pusing dan was was untuk memilihnya.

Nah itu dia..??

Untuk kali ini saya akan membagikan tips dan trik cara pembuatannya. Awal nya  sihh kue ini bagi ak adalah tantangan karena bentuk kulitnya yang unik. Dengan berbekal trial and error, tanya sana sini tentu saja tak semudah membalik tangan karena penjual kue sendiri tak akan dengan mudah berbagi tipsnya.

Dalam proses pembuatannya kue ini akan tampak cantik dan menarik jika pada pewarnaanya menggunakan daun sudji selain hijau alami baunya juga wangi dan rasa kuenya akan bertambah lezat. Tergantung konsumen juga sih kadang ada yang diwarna ungu hanya saja permintaan terbanyak jatuhnya memakai warna daun sudji lebih alami dan harum kata konsumen begitu.

Untuk pembuatan 1 kg tepung terigu gunakan campuran tepung kanji 3 sendok makan penuh, garam,  plus 3 sendok makan minyak goreng  akan menghasilkan sekitar ± 56 kue dadar gulung.

Larutkan adonan dengan santan boleh juga dengan air ( lebih bagus air yang digunakan rebusan dari air dan pandan wangi yang sudah didinginkan) , menurut ak menggunakan santan dari separuh butir kelapa sudah cukup. Menggunakan santan membuat rasa kulit dadar gulung lebih gurih, lebih enak  lagi tambahkan 6 sendok makan susu milk merk apa saja bisa ya akan menghasilkan tekstur adonan lebih lembut meskipun ngak pakai telur hasilnya tetap ok. Kebanyakan konsumen tidak begitu suka memakai telur sebab menimbulkan bau amis pada kue, saran saya jika mau memakai telur dari 1 kg tepung cukup diberi 2 saja. Saya kalo buat tidak pernah pakai telur cukup santan dan susu sudah bagus hasil dan rasa dijamin mantap.

Kulit yang ok dan berlobang terletak pada tehnik pendadaran.Teflon yang umum dipakai menggunakan ukuran 18 cm.

 Tipsnya  sebelum proses pendadaran teflon dipanaskan terlebih dahulu, oles dengan minyak goreng jika tes dengan dipercik air sudah berbunyi cess berarti teflon sudah siap digunakan untuk mendadar adonan. 

Nah, proses ini yang menentukan kulit dadar gulung cantik berlobang.

Jika ingin lobangnya lebih bersarang seperti pada foto tambahkan ½ sendok teh baking powder pada adonan dadar gulung yang sudah dicairkan bentuk adonan tidak kental tidak encer untuk kekentalannya kudu pas ya makanya perlu coba dulu biar pas adonannya.

Pada umumnya untuk isian dadar gulung ini dibuat dari kelapa muda dan gula yang sudah direbus bersama daun pandan wangi untuk memberikan cita rasa unti kelapa yang manis legit dan harum. 

Seringkali tetangga bahkan teman bertanya tips membuat dadar gulung yang cantik dan bersarang.

 Penasaran !!!

Silahkan mencoba  

 

Semoga Bermanfaat

 


Posting Komentar

20 Komentar

  1. postkomik menyukai postingan ini 😁 rada keder baca nya buk harus di zoom dulu

    BalasHapus
  2. Sangat Bermanfaat, Mbak Nita. Salam kenal.

    BalasHapus
  3. Waw, dadar gulung. Jajanan kesukaan. Pake gula aren,mantab banget ya Bu

    BalasHapus
  4. salah satu makanan kesukaan nih, enak dimulut :3

    BalasHapus
  5. Mantap.kirain bakal sekalian resepnya

    BalasHapus
  6. Wah makanan ini kesukaan saya 😂🙏

    BalasHapus
  7. Dibagi enak ni . Menginspirasi sekali.


    Semangat biyar artikel e banyak


    Contoh sitemap yang bagus https://kata-h.blogspot.com/p/sitemap-kata-kata-hikmah_3.html

    BalasHapus