Bingung bagaimana melakukan penilaian daring ?!

 


Sudah satu semester kita melakukan Pembelajaran daring.Tak sedikit guru yang merasa kebingungan melakukan penilaian yang bisa mewakili kompetensi yang diajarkan. Sulit bagi guru mengontrol keabsahan darl penilaian. Bagi guru yang peduli dengan kemajuan siswanya tentu saja ada kebingungan yang menghinggapi, tak sedikit yang terkesan membiarkan, Alahh !? lagian juga gak mungkin muridnya yang mengerjakan. Apalagi bagi siswa kelas rendah dimana intervensi orang tua lebih besar. Alih alih mendorong siswa mandiri dengan pendampingan, ujung -ujungnya malah ketergantungan.Bagi siswa kelas tinggi tentu saja kerja keroyokan jadi solusi tercepat untuk mengerjakan LKPD.

Berikut tips penilain daring yang bisa mewakili penilaian kompetensi siswa. Jika dirasa ada yang kurang.

Please add comment !!

1. Pahami betul pemetaan siswa dalam kelas

Dengan memberikan umpan balik saat pembelajaran daring berupa formatif tes berupa kuis yang dikirim dengan VN siapa siswa yang tercepat menjawab, dengan sebelumnya meminta siswa bersiap digroup dengan aturan main yang dijelaskan diawal kuis, dengan demikian guru mendapatkan gambaran siswa aktif, sedang dan rendah.

Mendata siswa aktif dan yang tidak aktif. Dalam pembelajaran dan pengumpulan tugas guru pasti tau siswa yang aktif dan yang tidak aktif karena ada saja siswa yang nakal tidak mengumpulkan dan tidak aktif dalam pembelajaran daring. Dengan mengetahui pemetaan siswa akan lebih mudah bagi guru melakukan penilaian.

2. Penilain untuk mata pelajaran Bhs.Indonesia guru bisa menggunakan tehnik praktik langsung melalui vidio yang direkam, VN , menyalin tulisan dengan baik, dan menceritakan kembali, menyimak paparan vidio pwmbelajaran dan mencatat hal- hal penting bisa menjadi pilihan yang akurat.

3. Siswa yang tidak aktif dan siswa yang guru ada keraguan dalam penilain bisa dipanggil khusus 2 ato 3 orang untuk mengerjakan penilaian, harap dijaga agar tidak menimbulkan keributan karena situasi yang tidak memungkinkan.

4. Melakukan guru kunjung pada kelompok kecil untuk mendapat penilaian yang lebih akurat. Dengan memperhatikan protokol kesehatan dan kesepakatan kelas yang sudah dibuat sebelumnya sehingga waktu yang digunakan lebih efektif.

Demikian tips yang bisa digunakan untuk melakukan penilaian yang lebih akurat

Semoga bermanfaat

Leave Comment.

Posting Komentar

8 Komentar